Sabtu, 11 Juni 2011

Biasakan Anak Menyikat Gigi Sejak Masih Bayi

Posted by Laras Bijakhi Guarizqi on 02.18



GIGI merupakan salah satu aset tubuh yang harus dirawat sejak dini. Lantaran itu, menjaga kesehatan seharusnya diterapkan sejak bayi. Meskipun gigi susu, gigi anak-anak tetap harus dirawat agar tak keropos.

Hilangkan pikiran Anda dari pernyataan: Ah, hanya gigi susu, nanti juga akan lepas dan diganti dengan gigi permanen saat si kecil mulai masuk sekolah dasar. Berikut sejumlah alasan kenapa gigi harus dirawat:
1. Gigi susu memegang peranan yang penting sebagai wadah untuk tumbuhnya gigi permanen. Jika gigi susu sudah keropos dan berlubang, ini akan menyebabkan perubahan susunan gigi.

2. Sama halnya seperti gigi permanen, fungsi utama dari gigi susu adalah proses pencernaan makanan yaitu menggigit, menyobek dan mengunyah makanan. Sehingga kerusakan pada gigi susu secara tidak langsung berpengaruh pada proses pencernaan makanan balita.

3. Gigi susu yang lengkap akan membantu balita dalam mengucapkan kata. Pada masa ini buah hati Anda akan mengenal jutaan kata, akan lebih baik ditunjang gigi susu yang sehat.

4. Penampilan si kecil tidak akan baik jika gigi susunya keropos dan berlubang, Anda tentu tidak ingin buah hati Anda mendapat julukan jelek dari teman-temannya.

Dengan keempat alasan itu, Anda sebaiknya membiasakan buah hati membersihkan gigi sedari kecil. Banyak dokter yang menyarankan orang tua melatih si kecil menggosok gigi sejak mereka lahir. Meskipun gigi baru tumbuh sekitar usia enam bulan, ada baiknya Anda mulau merawat gusi sang bayi.

* Usia 0-6 Bulan
Pada usia ini, gigi belum tumbuh. Gusinya masih sensitif dan lunak. Jangan takut untuk membersihkannya. Anda harus membersihkan gusinya maksimal dua kali sehari yakni setelah bangun di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Caranya: Lilit kain lembut yang lembab pada jari Anda. Usap lembut pada gusi bayi. Bila bayi Anda telah selesai minum susu, selalu bersihkan mulutnya dengan kain lembab.

* Usia 7-12 Bulan
Ada kemungkinan gigi bayi Anda sudah mulai tumbuh pada masa ini. Anda bisa tetap memakai kain lembut dan lembab untuk membersihkan giginya, bisa juga memakai sikat gigi khusus bayi yang bisa Anda pakai pada telunjuk Anda.

Caranya: basahi sikat tersebut dan tidak perlu menggunakan pasta gigi, kemudian sikat lembut gigi bayi yang sudah muncul.

* Usia 13 - 24 Bulan
Tanyakan pada dokter gigi apakah si kecil sudah boleh dikenalkan dengan pasta gigi yang mengandung flouride (ada beberapa pasta gigi khusus anak yang tidak berbahaya jika tidak sengaja tertelan). Gunakan pasta gigi dengan takaran yang kecil.

Kenalkan juga si kecil dengan sikat gigi khusus balita dan ajarkan cara menyikat gigi dan berkumur yang benar. Selalu ganti sikat gigi yang bulunya telah mencuat. Pada usia ini, Anda sudah bisa mengajak buah hati untuk memeriksa kesehatan giginya setiap 6 bulan sekali.

Proses menyikat gusi dan gigi yang benar harus diimbangi dengan kebiasaan yang sehat untuk gigi. Jauhkan si kecil dari makanan manis yang bisa merusak giginya dan tidak baik untuk kesehatan.

Biasakan juga si kecil mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya serat dan baik untuk pertumbuhan gigi dari dalam. Selain itu, jadilah contoh yang baik bagi buah hati Anda, jika mereka harus disiplin menyikat gigi, demikian halnya dengan And

0 komentar:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site

 

  • Blogroll


  • Consectetuer


  • Popular


  • Comments